Minggu, 26 Februari 2017

PSIKOLOGI KEPRIBADIAN PSIKOLOGI EGO, KEPRIBADIAN MARXIAN, DAN PSIKOANALISIS SOSIAL

PENDAHULUAN

A. Latar Belakang
Seperti yang dijelaskan oleh Freud, Psikoanalis ini telah lama mencoba berhipotesis pada fungsi ego dan bagaimana hal itu menyebabkan kerusakan pada psikopatologi. Sebagian besar upaya psikoanalis ini berkisar mengenai bagaimana untuk mengintensifkan ego sehingga dapat membantu seseorang untuk mengatasi dengan masyarakat, tekanan dan super ego dengan cara yang lebih baik. 
Dasar psikologi ego berputar di sekitar titik bahwa ego yang sehat adalah independen terdapat perbedaan mental dan sudah termasuk fungsi-fungsi ego otonom seperti realitas-pengujian dan memori, itu harus berfungsi tanpa gangguan dari benturan emosional. psikologi Ego juga bertujuan untuk meningkatkan lingkaran konflik-bebas dari fungsi ego. 
Berbeda dengan psikologi ego menurut freud, Erich Fromm menyatakan bahwa manusia pada masa modern ini telah terpisah dari kesatuan prasejarah mereka dengan alam dan juga satu sama lain, namun memiliki kekuatan akal, antisipasi dan imajinasi. Paduan akan kurangnya insting kebinatangan dan adanya pikiran rasional menjadikan manusia sebagai suatu keganjilan dalam alam semesta.
Dengan latar belakang pendidikan ajaran psikoanalisis Freud dan dipengaruhi oleh Karl Marx, Karin Horney dan teoretikus berorientasi sosial lainnya, Fromm mengembangkan kepribadian yang menekankan pengaruh faktor sosiobiologis, sejarah, ekonomi dan struktur kelas. Seperti juga pandangan teoritikus kepribadian lainnya pandangan Erich Fromm akan sifat manusia terbentuk oleh pengalaman masa kecil mereka. 
Lain freud, lain fromm lain juga dengan karen horney teori sosial psikoanalitik yang dikemukakan oleh Karen Horney merupakan teori yang dibangun atas dasar asumsi atau pendapat bahwa kondisi-kondisi sosial dan budaya, khususnya pengalaman masa kanak-kanak, sebagian besar bertanggungjawab bagi pembentukan kepribadian manusia. Berbeda dengan Freud, Horney lebih mementingkan pengaruh-pengaruh budaya dalam konsep kemanusiaan. Menurut Horney, pengaruh-pengaruh budaya sebagai basis utama perkembangan kepribadian yang neurotik dan normal. 

B. Rumusan Masalah
1. Bagaimana Teori Anna Freud Dalam Psikologi Ego?
2. Bagaimana Teori Heinz Harmann Dalam Psikologi ego?
3. Bagaimana Teori Robert W. White dalam Psikologi Ego?
4. Bagaimana Teori Erich Fromm dalam Kepribadian Marxian ?
5. Bagaimana Teori Karen Horney dalam Psikoanalisis Sosial ?

C. Tujuan 
1. Mahasiswa mampu memahami Teori Anna Freud dalam Psikologi Ego,
2. Mahasiswa mampu memahami Teori Heinz Harmann dalam Psikologi Ego,
3. Mahasiswa mampu memahami Teori Robert W. White dalam Psikologi Ego,
4. Mahasiswa mampu memahami Teori Erich Fromm dalam Kepribadian Marxian, dan
5. Mahasiswa mampu memahami Teori Karen Horney dalam Psikoanalisis Sosial.




PEMBAHASAN

A. Psikologi Ego

1. Anna Frued
Anna freud adalah anak keenam dan terakhir dari Sigmund Freud dan Martha. Lahir di Wina, ia mengikuti jalan ayahnya dan memberikan kontribusi untuk bidang yang baru lahir dari psikoanalisis. Karya anna memberikan jembatan antara teori struktural Freud dan psikologi ego. Pendekatannya pada pemahaman perkembangan anak, Ego -focus ego, mekanisme pertahanan diri. Anna freud Lebih tertarik dalam dinamika jiwa daripada di struktur, dan terutama terpesona oleh tempat ego. Sehingga ia memusatkan perhatiannya pada sadar, operasi defensif ego dan memperkenalkan banyak pertimbangan teoritis dan klinis yang penting. Anna Freud mulai perubahan dalam usahanya melakukan psikoanalisis kepada anak. 
a. Psikotrapi Anak
1. Terapi Gabungan:kekaguman dan kepercayaan
Teknik psikoanalisis seperti asosiasi bebas, interpretasi mimpi dan analisis transferensi tidak dapat dikenakan begitu saja kepada anak-anak. Presedurnya harus digabung dengan teknik yang lebih langsung agar dapat langsung membantu anak berjuang untuk tumbuh, masak, berubah,dan menguasai realitas didalam dan diluar dirinya. Disini, Anna Freud belajar pentingnya persiapan panjang yang dirancang untuk menempatkan analisis sebagai orang yang penting, dapat dipercaya, sungguh-sungguh, sangat dibutuhkan dalam kehidupan anak saat ini. Dengan menggabungkan kekaguman dan kepercayaan, anak dapat menerima analisis sebagai guru yang khusus, seorang ahli dalam pengetahuan mengenai diri dana sebagai teman melawan serangan luar yang tidak terfahami.
2. Melampaui Konflik Struktural: Bahaya Perkembangan
Kelenturan anak dan perkembangan menuju kemasakan yang berkelanjutan, memaksa analis anak memfokuskan diri bukan pada simtom neorotik yang tampak sekarang, tetapi lebih pada tujuan agar berfungsi sehat pada masa yang akan datang. Menurutnya, kristalisasi sindrom neorotik hanya bagian kecil dari masalah anak-anak. Gangguan perkembangan, ancaman kemasakan berkelanjutan fisik maupun psikis harus lebih banyak diperhatikan. Bahkan kalau simtom neorotik jelas-jelas muncul pada tingkah laku anak, indikator patologi yang serius itu mempunyai dinamika dan makna yang berbeda dengan gejala yang sama pada orang dewasa.
3. Asesmen Metapsikologi
Persiapan psikoterapi anak cukup panjang, begitupula pengumpulan data dan assesment juga membutuhkan waktu yang panjang. Agar semua dapat terangkum dengan baik, Anna Freud memakai profil metapsikologi dengan keuntungan:
a. Profil metapsikologi memberi arahan yang konkrit dan seragam, data apa saja yang harus diungkap dari klien. 
b. Profil itu mengharuskan terapis untk mengintegrasikan hasil observasi dengan data sejarah kehidupan klien menjadi gambaran yang utuh bagaimana kepribadian anak berfungsi dan berkembang.
c. Profil metapsikologi membutuhkan kecanggihan penerapan teori perkembangan psikoanalitik, teori dorongan, dan teori ego. Untuk memperoleh makna “metapsikologi” dari data hasil observasi. 
4. Pentingnya realitas sosial
Tidak seperti orang dewasa, anak lebih tergantung dan lebih mudah dipengaruhi oleh realitas eksternal saat itu. Psikoanalis anak harus siap menerima proposisi bahwa ketergantungan kliennya kepada orang tuanya, konflik klien dengan saudara, hubungan nya dengan guru dan otoritas lain nya yang terjadi saat itu tercermin dalam gangguan yang mereka alami. Gangguan neorotik pada orang dewasa, umumnya bersifat internal dan sumbernya ada pada masa lalu atau konflik yang belum terselesaikan. Pada anak, suatu simptom bisa disebabkan oleh peristiwa yang baru saja terjadi.
5. Garis Perkembangan(Developmental Lines)
Interaksi anatara id dan ego, dimulai dari dominasi id untuk memperoleh kepuasan, secara bertahap akan bergeser ke ego, pada akhirnya ego dapat menguasai realitas internal maupun eksternal. Interksi itu oleh Anna Freud disebut garis perkembngan, Anna Freud mengemukakan enam garis perkembngan, masing-masing bergerak dari dominasi id menuju realitas ego;
a. Dari Ketergantungan  menjadi percaya diri
1. Ketergantungan biologis kepada ibu, tidak mengenal bahwa dirinya terpisah dengan orang lain,
2. Membutuhkan hubungan yang memuaskan, ibu dianggap sebagai pemuas dari luar,
3. Tahap objek-tetap, gambaran ibu tetap ada, walaupun dia tidak hadir,
4. Pre-odipus, tahap memeluk, ditandai dengan mendominasi obyek yang dicintai,
5. Fase odipus-falis, ditandai dorongan memiliki orang tua lain jenis dan bersaing dengan orang tua sejenis,
6. Fase laten dengan menurunnya dorongan, transfer libido ke teman, kelompok dan figur otoritas,
7. Fase pra-adolesen, kembalinya kebutuhan hubungan yang memuaskan dengan obyek yang dicintai, dan
8. Fase adolesen, berjuang untuk mandiri, memutus cinta dengan orang tua, kebutuhan kepuasan seksual.
b. Dari Mengisap Menjadi Makan Makanan Keras
1. Disusui teratur sesuai jadwal atau kalau membutuhkan,
2. Disapih dari botol atau susu ibu, mengalami kesulitan makan makanan baru,
3. Peralihan dari disuapi menjadi makan sendiri, makan masih identik dengan ibu,
4. Makan sendiri, berbeda pendapat dengan ibu mengenai banyaknya makanan,
5. Seksual infantil membentuk sikap terhadap makanann: fantasi takut gemuk atau hamil melalui mulut, dan
6. Senang makan, memiliki kebiasaan makan yang ditentukan sendiri.
c. Dari Ngompol dan Ngobrok Menjadi dapat mengontrol urinasi atau defakasi
1. Bebas membuang kotoran tubuh,
2. Fase anal, menolak kontrol orang lain dalam hal pembuangan kotoran, perang kemauan latihan kebersihan,
3. Identifikasi dengan aturan orang tua, mengontrol sendiri pembuangan kotoran. Minat kebersihan dan keteraturan didasarkan pada keteraturan anal, dan
4. Kepedulian dengan kebersihan tanpa tekanan orang tua, ego dan super ego mengontrol dorongan anal secara otonom.
d. Dari tidak bertanggung jawab menjadi bertanggung jawab mengatur tubuh.
1. Agresi diubah dari diri sendiri menjadi kepada duni luar,
2. Meredakan keinginan yang berbahaya, mengenali bahaya eksternal seperti api, ketinggian, air, dan
3. Sukarela menerima aturan kesehatan, menolak makanan yang tidak sehat, kebersihan tubuh, melatih kebugaran tubuh.
e. Dari egosentrik menjadi kerjasama
1. Mementingkan diri sendiri, narkistik, anak kecil lain tidak ada atau dipandang sebagai pengganggu dan saingan memperoleh cinta orang tua,
2. Anak kecil didekatnya dipandang sebagai benda mati, atau mainan yang dapat diperlakukan kasar tanpa tanggung jawab,
3. Anak kecil didekatnya dianggap sebagai teman untuk mengerjakan sesuatu, lamanya kerjasama tergantung pada tuntutan tugas, dan
4. Teman dipandang partner sederajat, memiliki kemauan sendiri, mereka dapat dihormati, ditakuti, dijadikan saingan, dicintai, dibenci, atau ditiru, membutuhkan sahabat sejati.
f. Dari tubuh menjadi mainan, dan dari bermain menjadi bekerja
1. Permainan bayi adalah perasaan tubuh, kepekaan jari, kulit, dan mulut. Tidak dibedakan antara tubuh sendiri dengan tubuh ibu,
2. Sensasi tubuh ibu dipindah keobyek yang lembut seperti beruang mainan atau sarung bantal,
3. Memeluk obyek yang lembut, menyenangi barang yang lembut, obyek benda mati, dan
4. Puas menyelesaikan suatu kegiatan, dan puas mencapai prestasi sesuatu.
6. Mekanisme Pertahanan(defence mechanism)
Sigmund Freud mengajukan 7 defence ( identifikasi, displasemen, represi, projeksi, reaksi formasi, fiksasi dan regresi) yang ditambah Anna Freud dengan Repression, isolation, ascetism, denial, sublimation, undoing, introjection, reversal, turning againt the self, sublimation atau displacement. Anna juga meneliti hubungan antara tingkat perkembangan dengan pilihan defense. Pendeknya, defense mechanism adalah reaksi seseorang untuk menghadapi dan merespon pada sebuah situasi yang tidak disukai, supaya tidak jatuh pada reaksi insting (dan, dengan demikian, lebih manusiawi ). Mekanisme pertahanan ini juga melindungi seseorang dari kegelisahan dalam menghadapi kelemahan diri.
Bentuk- Bentuk Mekanisme Pertahanan Diri
a. Represi
Represi merupakan suatu cara pertahanan untuk menyingkirkan dari kesadaran pikiran dan perasaan yang mengancam. Represi terjadi secara tidak disadarai. Ini merupakan sarana pertahanan yang biasa mengusir pikiran serta perasaan yang menyakitkan dan mengancam keluar dari kesadaran. Bila seseorang bersama-sama dengan saudaranya mengalami sesuatu kecelakaan dan saudaranya kemudian meninggal maka dia merasa lupa terhadap kejadian tersebut. Dengan cara hypnosis atau suntikan Phenobarbital.
b. Penyangkalan (denial)
Penyangkalan berusaha untuk melindungi diri sendiri pada kenyataan yang tidak menyenangkan. Hal ini dilakukan dengan cara melarikan diri dari kenyataan atau kesibukan dengan hal-hal lain. Sebagai contoh, mereka tidak mau mengerti bahwa dirinya berpenyakit yang berbahaya, menutup mata karena tidak mau melihat sesuatu yang ngeri, tidak mau menerima anaknya yang terbelakang dan sebagainya.
c. Proyeksi 
Impuls internal yang tidak dapat diterima dan yang dihasilkannya adalah dirasakan dan ditanggapi seakan-akan berasal dari luar diri. Proyeksi merupakan usaha untuk menyalahkan orang lain mengenai kegagalannya, kesulitannya atau keinginan yang tidak baik. Misalnya presentasi olahraga yang kurang baik dengan alasan sedang sakit flu atau tidak naik kelas karena gurunya sentiment
d. Sublimasi 
Sublimasi merupakan dorongan kehendak atau cita-cita yang yang tak dapat diterima oleh norma-norma di masyarakat lalu disalurkan menjadi bentuk lain yang lebih dapat diterima bahkan ada yang mengagumi. Orang yang mempunyai dorongan kuat untuk berkelahi disalurkan dalam olahraga keras misalnya bertinju.
e. Reaksi Formasi(penyusunan reaksi)
mencegah keinginan yang berbahaya baik yang diekspresikan dengan cara melebih-lebihkan sikap dan prilaku yang berlawanan dan menggunakannya sebagai rintangan untuk dilakukannya. Misalnya seorang anak yang iri hati terhadap adiknya, ia memperlihatkan sikap yang sebaliknya, yaitu sangat menyayangi secara berlebihan. Contoh lain seorang yang secara fanatik melarang perjudian dan kejahatan lain dengan maksud agar dapat menekan kecendrungan dirinya sendiri ke arah itu.
f. Introyeksi 
Introyeksi akan terjadi bila seseorang menerima dan memasukkan ke dalam pendiriannya berbagai aspek keadaan yang akan mengancamnya. Hal ini dimulai sejak kecilDalam pemerintahan dan kekuasaan yang otoriter maka banyak orang mengintroyeksikan nilai-nilai kepercayaan baru sebagai perlindungan terhadap perilaku yang dapat menyusahkan mereka.
g. Pengelakan atau salah pindah (Displacement)
Terjadi apabila kebencian terhadap seseorang dicurahkan atau dielakkan kepada orang atau obyek lain yang kurang membahayakan. Seseorang yang dimarahi oleh atasannya dielakkan atau dicurahkan kepada istri, anaknya atau pembantunya. 
h. Identifikasi
Merupakan upaya untuk menambah rasa percaya diri dengan menyamakan diri dengan orang lainMisalnya seseorang yang meniru gaya orang yang terkenal.
i.  Regresi
Merupakan upaya untuk mundur ke tingkat perkembangan yang lebih rendah dengan respons yang kurang matang dan biasanya dengan aspirasi yang kurang. Contohnya anak yang sudah besar marah-marah seperti anak kecil agar keinginannya dipenuhi.
j.  Pelepasan (Undoing)
Merupakan upaya untuk menembus sehingga dengan demikian meniadakan keinginan atau tindakan yang tidak bermoral. Contohnya, misalnya seorang pedagang yang kurang sesuai dengan etika dalam berdagang akan memberikan sumbangan sumbangan besar untuk usaha sosial.
k. Isolasi (Intelektualisasi dan disosiasi)
Isolisasi merupakan bentuk penyekatan emosional. Misalnya bila orang yang kematian keluarganya maka kesedihan akan dikurangi dengan mengatakan “sudah nasibnya” atau “sekarang sudah tidak menderita lagi”  dan sambil tersenyum.

2. Heinz Hartman
Hartman lahir dari keluarga yang dikenal untuk memproduksi penulis dan akademisi. Ayahnya sendiri adalah seorang profesor sejarah, dan ibunya adalah seorang pianis dan pematung. Setelah menyelesaikan sekolah menengah ia masuk ke Universitas Wina di mana ia menerima gelar medisnya pada tahun 1920. Minatnya dalam teori Freudian. Sigmund Freud menawarinya analisis gratis jika ia tinggal di Wina seperti ia ditawari posisi di Johns Hopkins Institute. 
Pada tahun 1937, di Wina Psychological Society, dia menunjukkan sebuah studi tentang psikologi ego, topik yang ia kemudian akan memperluas dan yang menjadi dasar bagi gerakan teoritis dikenal sebagai ego-psikologi. Pada tahun 1938 ia meninggalkan Austria dengan keluarganyaMelewati Paris dan kemudian Swiss, ia tiba di New York pada tahun 1941 di mana ia menjadi salah satu pemikir terkemuka New York psikoanalitik Masyarakat. Pada tahun 1945 ia mendirikan sebuah publikasi tahunan psikoanalitik Studi Anak dengan Kris dan Anna Freud; sedangkan pada tahun 1950 ia menjadi Presiden Asosiasi Psikoanalisis Internasional (IPA) dan setelah beberapa tahun kepresidenannya, ia menerima gelar kehormatan presiden seumur hidup.
a. Fungsi Ego di Ranah Bebas Konflik (Conflict Free Sphere)
Menurut Hartmann, istilah ranah bebas konflik diadaptasi dari psikoanalisis untuk merancang kegiatan ego yang terjadi diluar ranah konflik mental. Menurutnya, fungsi ego tergantung kepada tujuan yang akan diselesaikan, ada tujuan yang akan menyelesaikan konflik ada tujuan yang tidak berlatar belakang konflik. Misalnya ingatan dan belajar, mungkin terperangkap dalam usaha ego mengatasi konflik itu dilakukan. Ingatan, fikiran, asosiasi dan fungsi ego lainnya, merupakan bagian dari ego sehingga ego bisa berkomunikasi dengan id, bukan hasil dari interaksi ego dengan id. Ego bukan berasal dari id, yang memunculkan id agar dapat melayani insting tak sadar, tetapi ego dan id muncul bersamaan, berfungsi independen dan sinkron dengan insting. Masing-masing sistem berasal dari disposisi, dan berkembang secara independen. Ego bukan hanya didorong oleh insting seks dan agresi, tetapi jugditentukan oleh faktor luar. Ego bersifat otonom dean aktif mencari penyesuaian dengan dunia luar.
b. Otonomi Primer dan Otonomi Sekunder Ego: Adaptasi
Ada dua jenis otonomi ego: otonomi primer memancu ke sumber biologikal, kemasakan fungsi persepsi, belajar, ingatan, dan gerakan membuat ego mampu berfungsi otonom. Fungsi-fungsi ini berasal dari keturunan dan berperan sebagai adaptasi dengan lingkungan. Otonomi sekunder merupakan kemampuan ego untuk mengubah fungsi-fungsi yang dikembangkan dalam konflik dengan id menjadi sarana yang juga membantu adaptasi yang sehat dengan kehidupan. Berarti otonomi sekunder itu produk dari interaksi kemasakan fisik dengan belajar.
Otonomi sekunder mirip dengan otonomi fungsional dari Allport. Antara lain tampak dari konsep Hortmann bahwa ego dapat menetralisir dorongan seks dan agresi untuk berfungsi yang bukan mendapatkan kenikmatan dan merusak, untuk mengejar selain peredaan dorongan. Netralisasi itu mengubah enerji libido dan agresi menjauh dari insting, ini terjadi ketika fungsi ego menjadi semakin independen dari id dan melakukan aktivitas untuk dirinya sendiri.


c. Fungsi Ego dan Prinsip Realita
Ego memakai prinsip realita dalam arti yang luas: yakni, kemampuan untuk mengantisipasi kebutuhan aksi pada masa yang akan datang, yang tujuan utamanya terus-menerus menyesuaikan diri dengan lingkungan yang diharapkan, disamping mungkin memberi kepuasaan id. Untuk mencapai tujuan itu, ada empat harmoni di dalamdan diluar diri yang harus dipertahankan ego, yakni:
1. Mempertahankan keseimbangan yang indah antara keseluruhan indivindu dengan realitas eksternal sosial dan fisik.
2. Karena id mempunyai beberapa drive instingtif yang semuanya menuntut kepuasaan, ego harus memantapakan harmoni keseimbangan di dalam ranah id.
3. Ego harus menyeimbangkan tiga unsure mental yang saling bersaing, id-ego-superego.
4. Ego harus menjaga harmoni diantara berbagai tujuannya sendiri yang saling berbada yakni: keseimbangan antara peran membantu id dengan peran sebagai ego indepeden yang tujuannnya tidak untuk memuaskan drive id.
Untuk mencapai harmoni ini, ego beroperasi secara sintetis: mengintegrasikan dan mendamaikan tujuan yang berbeda dan informasi yang bertentangan dengan satu koordinasi. Kemampuan sintetik dapat membuat ego mendamaikan konflik intersistemik (konflik antara id-ego-superego-realitas), dan konflik intrasistemik (konflik di dalam ego sendiri).
Hartmann mengemukakan 12 fungsi ego yang harus diperhatikan, agar fungsi sosial dan kognitif dapat berjalan baik, sebagai berikut:
1. Mengatur gerakan (spontan).
2. Mengorganisasi persepsi di dalam dan di luar realita.
3. Membuat batas yang melindungi diri dari stimulasi internal dan eksternal yang berlebihan.
4. Uji realitas.
5. Berfikir dan inteligensi.
6. Menterjemahkan fikiran menjadi perbuatan.
7. Menghambat dan menunda pengurangan tegangan.
8. Mengenali bahaya, member tanda kecemasan dan pertahanan.
9. Antisipasi aksi, tujuan, dampak, dan konsekuensi pada masa yang akan datang.
10. Persepsi waktu.
11. Pembentukan karakter (gaya pribadi).
12. Kemampuan sintetik (kemampuan mengintegrasikan semua fungsi di atas, mengharmonisasi konflik intrasistemik dan intersistemik).

3. Robert W.White
Setelah menerima gelar sejarah dari Harvard, White mengajarkan sejarah dan pemerintahan di University of Maine selama beberapa tahun sebelum memutuskan untuk belajar psikologi. Kembali di Harvard ia belajar di bawah Henry A. Murray, dengan menerbitkan "Explorations in Personality" pada tahun 1938.
menolak gagasan bahwa satu-satunya motivasi berperilaku adalah dorongan untuk menurunkan dan pencapaian kepuasan biologis. Menurut White (1959) otot dan otak, mata, dan organ sensori lainnya haruslah diaktifkan untuk dapat tumbuh dan sehat, dengan demikian kehidupan manusia mencari stimulus; mereka tidak pasif bahkan berjuang keras untuk bisa mengurangi dorongan-dorongan.
a. Tema Kompetensi dalam Tahap Psikoseksual
Teori White merupakan rekonseptualisasi dari tahap-tahap perkembangan psikoseksual, memakai tema belajar tuntas. Pada setiap fase perkembangan psikoseksual Freud, ada elemen penting yang ikut berkembang. Ego dimotivasi bukan hanya oleh kebutuhan memuaskan dorongan biologik tetapi juga oleh kebutuhan eksplorasi,belajar, dan menguasai lingkungan. Kecenderungan untuk memperoleh rangsangan, aktif berusaha untuk mempengaruhi lingkungan ini disebut effectance motivation. Apabila usaha itu berhasil, orang merasa kompeten yang membuat orang itu tumbuh, masak, dan siap menghadapi tantangan hidup. Perasaan bisa menguasai realitas lingkungan semacam itu disebut efikasi diri (self effication). 
b. Effectance Motivation
Konsep pokok dari White adalah effectance motivation. Manusia mempunyai dorongan instintif untuk belajar, memahami lingkungan, kompeten mempengaruhi lingkungan untuk kepentingan kesejahteraan dirinya. Insting ini melengkapi insting insting hidup dan insting mati dari Freud. 
c. Uji Realita: Kompetensi melalui Kegiatan
Teori klasik reality testing menempatkan ego dalam posisi sentral yang menghubungkan kebutuhan kepuasaan obyektif dengan realita. Bayi semakin banyak berpaling ke realita untuk memuaskan kebutuhannya, tetapi cara untuk memperoleh kebutuhan itu hanya dengan menangis, mengharapakan bantuan pengasuhnya. Kepuasan tidak dapat selalu diperoleh, sehingga bayi kemudian mengembangkan kemampuan untuk menunda kepuasan, dan penundaan bisa dilakukan kalau dia mampu mengantisipasi realita yang akan datang.
Menurut White, kemampuan mengantisipasi dan menunda kepuasaan itu merupakan hasil dari aktivitas bayi di lingkungannya. Ego mempunyai kemampuan menunda dan mengantisipasi karena bayi belajar dari “aktivitas yang dilakukannya,” mereka menjadi kompeten untuk memperpanjang penundaan karena melihat kedepan bahwa penundaan itu bersifat sementara. Pada mulanya bayi hanya marah, menggeliat, menangis, dan memukul ketika lapar; semuanya itu adalah aksi yang membuat ibunya berlari mendekat. Jika meenangis dapat selalu dan segera memperoleh peredaan dan makanan, bayi belajar untuk mempercayai lingkungan sekaligus mempercayai kemampuannya membuat sesuatu terjadi.


Tabel Perkembangan Insting dan Kompetensi Yang Dipelajari
NO
Aktivitas insting (Freud)
Kompetensi Yang dipelajari (White)
1. 
   (Oral)
a. Insting lapar berusaha mereduksi tegangan.
b. Ketergantungan pasif pada obyek yang dicintai untuk bertahan hidup.
c. Memesukkan makanan dan obyek cinta sebagai bagian dari self
a. Makan sebagai tempat berlatih  menguasai diri sendiri dan belajar menguasai lingkungan manusia.
b. Belajar menguasai orang lain melalui memaksimalkan cinta dan meminimalkan pengabaian.
c. Sensori motor berperan sebagai latihan ketrampilan motorik dan kognitif masa yang akan datang.
2. 
   (Anal)
a. Kepuasan libido dari memakan dan mengeluarkan kotoran
b. Belajar patuh pada tuntutan kultural  orang tua.
c. Mungkin reaksi defensif terhadap kepribadian anal     menjadi sifat kikir, keras kepala dan      sangat teratur
a. Perkembangan intrinsik negtivisme anak usia 2 tahun.
b. Memakai gerakan dan negativisme untuk mengembangkan anatomi.
c. Tiga sifat (kikir, keras kepala, sangat teratur), dipandang sebagai cara penyesuaian terhadap lingkungan, kalau membangun pada tingkat cukupan.
3. 
   (Falis)
a. Odipus kompleks dengan sensivitas genetikal.
b. Perkembangan superego melalui identifikasi dengan ayah dan takut dengan kemarahan ayah.
c. Intereseksual diarahkan ke anggota keluarga.
a. Gerakan, bahasa dan imajenasi dikembangkan untuk menguasai kata-kata dan mengembangkan perasaan berkemampuan.
b. Dramatisasi diri dan meniru peran dewasa dengan tekanan pada produktifitas pribadi.
4. 
  (Laten)
a. Menghilangnya motif seksual
b. Periode yang relatif tenang.
a. Memantapkan kompetensi sosial dalam kelompok sebayadan aktivitas sekolah dan hubungan heteroseksual.
b. Kerjanyata disekolah, tempat kerja, permainan
c. Belajar kompromi diri dan bagaimana melindungi diri.
5. 
(Genital)
a. Pilihan obyek heteroseksual.
b. Ekspresi libido dalm wujud genital
a. Perasaan identitas, perasaan kompetensi masa lalu yang kini disatukan.
b. Pilihan pekerjaan yang aktif dipelajari atau disiapkan.
c. Pacaran sebagai kepuasan sosial dan seksual.



d. Memisahkan Diri dengan Non Diri
Salah satu kemampuan yang dikembangakan ego sejak awal perkembangan adalah memisahkan mana yang berjalan dari diri dan mana yang bukan dari diri. Pada mulanya, putting susu dan putting botol sebagai sumber kepuasaan dipahami sebagai bagian dari diri bayi, sama halnya dengan jempolnya sendiri yang memberkepuasaan ketika diisap seperti mengisap putting. Secara bertahap, dari pengalaman tingkah lakunya sendiri dan dampak dari tingkah laku itu, bayi belajar membedakan mana bagian dari self dan mana yang bukan self.
e. Perkembangan Ego menjadi Patologis
Konsep asli dari Teori Freud menyatakan bahwa patologi adalah kegagalan ego berkembang normal. White dengan kompetensi dan motivasi efektanya, mengubah fokus perhatian, dan apa yang menyebabkan kapasitas ego gagal menganai enerji id, menjadi apa yang salah dari perkembangan perasaan efikasinya. Menurutnya, sebagian dari kesalahan perkembangan ego, ada pada bayi itu sendiri. Bila terjadi ibu yang siap dengan cinta dan pengabdian, ternyata menghadapi bayinya yang lahir hiperaktif atau tak terkontrol, akhirnya ibu itu justru akan memandang dirinya tidak mampu merawat anaknya. Interaksi ibu dan anak semancam itu mungkin dapat menggangu perkembangan perasaan efikasi diri atau menyia-yiakan energi motivasi efektan bayi, yang semuanya itu menjadi sumber patologi ego. White mengemukakan tiga penyebab kerusakan motivasi efektan, yaitu:
1. Insting lapar dan insting bebas dari rasa sakit terus menerus muncul karena pengasuhnya yang kurang baik. Bayi menghabiskan seluruh waktunya untuk menangani insting lapar dan rasa sakit itu sehingga tidak mempunyai waktu untuk melakukan kegiatan yang menghasilkan efikasi diri,
2. Bayi tidak memperoleh reinforsemen dari usaha penegembangan efikasi dirinya. Ibu tidak mau terpengaruh oleh aktivitas bayinya, tidak mampu menterjemahkan bahasa tubuh dan tangis bayinya, akan membuat bayi berhenti berusaha memanipulasi dunianya. Motivasi efektan menjadi tidak berkembang, dan
3. Gangguan atau hambatan langsung terhadap aktivitas bermain. Anak yang dilarang melakukan aktivitas, kehilangan kemampuan menstimulasi lingkungan dan memperoleh stimulasi diri yang cukup. Energi dari independen dari ego terlambat, dan ego tidak dapat berkembang melalui ekspresi kegiatan bebas. Dampaknya dalah kecemasan. Malu, ragu, dan hilangnya minat eksporasi, semuanya mengarah ke kerusakan efikasi diri. 

B. 
Kepribadian Marxian

1. Erich Fromm
Asumsi dasar Fromm adalah bahwa kepribadian individu dapat dimengerti hanya dengan memahami sejarah manusia. “diskusi mengenai keadaan manusia harus mendahulukan fakta bahwa kepribadian, psikologi harus didasari oleh konsep antropologis-filosofis akan keberadaan manusia” .
Fromm (1947) percaya bahwa manusia, tidak seperti binatang, telah “tercerai berai” dari kesatuan prasejarahnya dengan alam.  Mereka tidak memiliki insting kuat untuk beradaptasi dengan dunia yang berubah, melainkan mereka telah memperoleh kemampuan bernalar keadaan yang disebut Fromm sebagai  dilema manusia. 
a. Kondisis Eksistensi Manusia
1. Dilema Eksistensi
Mengikuti filsafat dualisme, semua gerak didunia dilatarbelakangi oleh dua kelompok ekstrim, tesa dan antitesa.pertentangan itu menimbulkan sintesa, yang pada dasar nya dapat dipandang sebagai tesa baru yang akan memunculkan antitesa yang lain. Itulah dinamika yang tidak pernah berhenti bergerak.
a. Manusia Sebagai Binatang dan Sebagai Manusia
Manusia sebagai binatang memiliki banyak kebutuhan fisiologik yang harus dipuaskan, seperti kebutuhan makan, minum, dan kebutuhan seksual. Manusia sebagai manusia memiliki kebutuhan kesadaran diri, berpikir dan berimajinasi. Kebutuhan manusia meliputi perasaan lemah lembut, cinta, kasihan, perhatian, tanggung jawab, identitas, integritas, sedih, transendensi, kebebasan, nilai dan norma.
b. Hidup dan Mati
Kesadaran diri dan fikiran manusia telah mengetahui bahwa dia akan mati, tetapi manusia berusaha mengingkarinya dengan meyakini adanya kehidupan sesudah mati.
c. Ketidak Sempurnaan dan Kesempurnaan
manusia mampu mengonsepkan realisasi-diri yang sempurna, tetapi kerna hidup itu pendek kesempurnaan tidak dapat dicapai.
d. Kesendirian dan Kebersamaan 
Manusia adalah pribadi yang mandiri, sendiri, tetapi manusia juga tidak bisa menerima kesendirian. Manusia menyadari diri sebagai individu yang terpisah, dan pada saat yang sama juga menyadari kalau kebahagiaannya tergantung dengan kebersamaan dengan orang lain. 
Konflik yang dibawa dari lahir antara tesa antitesa eksistensi manusia, disebut dilema eksistensi. Ada dua cara menhindari eksistensi, pertama dengan menerima prioritas dari luar, tunduk kepada penguasa dan menyesuaikan diri dengan masyarakat. Kedua, orang bersatu dengan orang lain dalam semangat cinta dan kerja sama, menciptakakan ikatan dan tanggung jawab dari masyarakat yang lebih baik.
2. Kebutuhan Manusia
Pada umumnya kata “kebutuhan” diartikan sebagai kebutuhan fisik, yang oleh Fromm dipandang sebagai kebutuhan aspek kebinatangan dari manusia, yakni kebutuhan makan, minum,seks, dan bebas dari rasa sakit. Menurut Fromm meliputi dua kelompok kebutuhan; pertama kebutuhan untuk menjadi bagian dari sesuatu dan menjadi otonom, yang terdiri dari kebutuhan relatedness(keterhubungan), rootedness(keberakaran), transcendence(menjadi pencipta), unity(kesatuan), identity(identitas). Kedua, kebutuhan memahami dunia, mempunyai tujuan dan memanfaatkan sifat unik manusia, yang terdiri dari kebutuhan frame of orientation, frame of devotion, excitation, stimulation, dn effectiviness.
a. Kebutuhan Kebebasan dan Keterikatan 
1. Keterhubungan(relatedness), Kebutuhan mengatasi perasaan kesendirian dan terisolasi dari alam dan dirinya sendiri. Keinginan irasional untuk mempertahankan hubungannya yang pertama yakni hubungannya dengan ibu, kemudian diwujudkan kedalam perasaan solidaritas dengan orang lain. Hubungan paling memuaskan bisa positif yakni hubungan yang didasarkan pada cinta, perhatian, tanggung jawab, penghargaan, dan pengertian dari orang lain, bisa negatif yakni hubungan yang didasarkan pada kepatuhan atau kekuasaan.
2. Keberakaran(rootedness), kebutuhan untuk memiliki ikatan-ikatan yang membuatnya merasa krasan di dunia (merasa seperti dirumahnya). Manusia menjadi asing dengan dunianya karena dua alasan; pertama, dia direnggut dari akar-akar hubungannya oleh situasi (ketika manusia dilahirkan, dia menjadi sendirian dan kehilangan ikatan alaminya), kedua, fikiran dan kebebasan yang dikembangkannya sendiri justru memutus ikatan alami dan menimbulkan perasaan isolasi atau tak berdaya.
3. Menjadi pencipta (transcendency)Orang berjuang untuk mengatasi sifat pasif dikuasai alam menjadi aktif, bertujuan dan bebas, berubah dari makhluk ciptaan menjadi pencipta.
4. Kesatuan (unity)Keterpisahan, kesepian, dan isolasi semuanya bersumber dari kemandirian dan kemerdekaan Orang dapat mencapai unitas, memperoleh kepuasan (tanpa menyakiti orang lain dan diri sendiri) kalau hakikat kebinatangan dan kemanusiaan itu bisa didamaikan, dan hanya dengan berusaha untuk menjadi manusia seutuhnya, melalui berbagi cinta dan kerjasama dengan orang lain.
5. Identitas (identity), Kebutuhan untuk menjadi “aku,” kebutuhan untuk sadar dengan dirinya sendiri sebagai sesuatu yang terpisah. Manusia harus merasakan dan dapat mengontrol nasibnya sendiri, harus bisa membuat keputusan, dan merasa bahwa hidupnya nyata-nyata miliknya sendiri.


b. Kebutuhan Untuk Memahami dan Berkativitas
1. Kerangka orientasi (frame of orientation)adalah seperangkat keyakinan mengenai eksistensi hidup, perjalanan hidup bagaimana yang harus dikerjakannya, yang mutlak dibutuhkannya untuk memperoleh kesehatan jiwa.
2. Kerangka kesetiaan (frame of devotion)adalah peta yang mengarahkan pencarian makna hidup, menjadi dasar dari nilai-nilai dan titik puncak dari semua perjuangan.
3. Keterangsangan-Stimulasi (exitation-stimulation), Kebutuhan untuk melatih sistem syaraf, untuk memanfaatkan kemampuan otak. Manusia membutuhkan bukan sekedar stimulus sederhana(misalnya: puisi atau hukum fisiska).
4. Keefektivan (effectivity),Kebutuhan menyadari eksistensi diri, melawan perasaan tidak mampu dan melatih kompetensi atau kemampuan.
3. Mekanisme Melarikan Diri dari Kebebasan
Mekanisme pelarian sepanjang dipakai sekali waktu, adalah dorongan yang normal pada semua orang, baik individual maupun kolektif. Ada tiga mekanisme pelarian yang terpenting yaitu:
a. Otoritarianisme (authoritarianism), 
Kecenderungan untuk menyerahkan kemandirian diri dan menggabungkannya dengan seseorang atau sesuatu diluar dirinya, untuk memperoleh kekuatan yang dirasakan tidak dimilikinya. Hal ini bisa berupa masokisme atau sadisme. Masokisme merupakkan hasil dari perasaan sadar tidak berdaya lemah, dan inferior yang dibawa saat menggabungkan diri dengan orang atau intitusi yang memiliki power, sehingga kekuatan itu tertuju untuk menindas dirinya. Masokisme merupakan bentuk tersembunyi dari perjuangan memperoleh cinta dan kesetiaan, tetapi tidak memberikan sumbangan positif kemandirian. Sedangkan sadisme lebih neurotik dan lebih berbahaya secara sosial karena mengancam orang lain. Ada tiga jenis sadisme yang saling berkaitan yaitu, membuat orang lain tergantung dengan dirinya sehingga mendapat kekuatan dari orang lain yang lebih lemah, mengeksploitasi dan mengambil keuntungan dari orang lain, dan kecenderungan melihat orang lain sengsara secara fisik atau psikis.
b. Perusakan (destruktiveness)
Destruktif berakar pada perasaan kesepian, isolasi dan tidak berdaya. Destruktif tidak mencari kekuatan memalui hubungan dengan pihak luar, tetapi melalui usaha membalas atau merusak kekuatan orang lain. Hal ini disebabkan dia ingin membangun hubungan tetapi tertolak.
c. Penyesuaian (conformity), 
Orang yang berusaha melakukan konformitas berusaha melarikan diri dari rasa kesendirian dan keterasingan dengan menyerahkan individualitas mereka menjadi apapun yng orang lain inginkan. Konformis tidak pernah mengeksplorasikan dirinya menyerahkan diri kepada standar tingkah laku yang diharapkan dan sering tampil diam dan mekanis.
b. Tipologi Sosial
1. Karakter Sosial
Menurut fromm karakter berkembang dan dibentuk oleh social arrangments (pengaturan sosial) dimana orang itu hidup. Ini mirip dengan freud, tetapi karakter itu bukan dihasilkan oleh penyaluran enerji seksual masa anak-anak tetapi dihasilkan dari tekanan sosial untuk bertingkah laku dengan cara tertentu. Fromm membedakan 2 karakter sosial dalam pasangan, yaitu productiveness (hidup yang berorientasi positif) dan non productiveness(hidup yang berorientasi negatif).
2. Karakter dan Masyarakat
Masyarakat membentuk karakter pribadi melalui orang tua dan pendidik yang membuat anak bersedia bertingkah laku seperti yang dikehendaki masyarakat. Di cina anak diajar menempatkan kebutuhan kelompok diatas kebutuhan pribadi untuk mencapai tujuan negara. Tetapi masyarakat juga memaksa dan membuat frustasi orang dengan tuntutan untuk bertingkahlaku yang bertentangan dengan hakikat manusia.

C. 
Psikoanalisis Sosial

1. Karen Horney
Horney mulanya pengikut freud, kemudian terpengaruh oleh jung dan adler. Akhirnya dia mengembangakan pendekatan kepribadian yang holistik; manusia berada dalam satu totalitas pengalaman dan fungsinya, dan bagian-bagian kepribadian seperti fisikokimia, emosi koknisi, sosial, kultural, spiritual, hanya dapat dipelajari dalam hubungannya satu dengan yang lain sebagai kepribadian yang utuh.
a. Kecemasan dan Konflik
1. Kecemasan Dasar dan Permusuhan Dasar
Kecemasan dasar berasal dari rasa takut. Kecemasan dasar selalu dibarengi permusuhan dasar, berasal dari perasaan marah, suatu predisposisi untuk mengantisispasi bahaya dari orang lain dan untuk mencurigai orang lain. Kecemasan dan permusuhan cenderung diapres, atau dikeluarkan dari kesadaran, karena menunjukan rasa takut bisa membuka kelemahan diri, dan menunjukan rasa marah berisiko dihukum dan kehilangan cinta dan keamanan.
Bayi mengalami proses melingkar yang oleh Horney diberi nama lingkaran setan. Dimula sejak bayi membutuhkan kehangatan dan kasih sayang untuk dapat menghadapi takanan lingkungan.
a. Kalau kehangatan cinta dan kasih sayang tidak cukup diperoleh
b. Bayi menjadi maarah dan muncul perasaan permusuhan karena diperlakukan secara salah,
c. Tetapi kemarahan harus direpres agar perolehan cinta dan rasa aman tidak hilang,
d. Perasaan menjadi kacau, muncul kecemasan dasar dan kemarahan dasar,
e. Kebutuhan kasih sayang dan cinta semakin besar
f. Kemungkinan akan semakin banya kebutuhan kasiah ssayang yang tidak terpenuhi, sehingga semakin kuat pula perasaan marah yang timbul,
g. Perasaan permusuhan semakin kuat
h. Represi harus semakin kuat dilakukan agar perolehan kasih sayang tidak hilang,
i. Tegangan perasaan kacau, marah, gusar, mengamuk semakin kuat.
Apabila lingkaran ini kembali nomor 4 maka kecemasan dasar dan permusuhan dasar semkain kuat, dan akan terus semakin parah.
2. Konflik Interpersonal: Kebebasan Versus Kesepian
Konflik adalah pertentangan antar kekuatan yang berhadapan dalam fungsi manusia, yang tidak dapat dihindari. Konflik dalam diri sendiri adalah bagian integral manusia, misalnya dihadapan pilihan dua keinginan yang arahnya berbeda, atau antara harapan dengan kewajiban. Perbedaan konflik normal dengan konflik neorotik adalah taraf atau tinggi rendahnya. Orang normal mampu memakai bernacam-macam strategi pertahanan disesuaikan dengan masalahnya, orang neurotik secara kompulsif memakai strategi pertahanan yang sama. Horney mengemukakan 10 kebutuhan neurotik yang timbul sebagai akibat dari usaha menemukan pemecahan-pemecahan masalah gangguan hubungan antar manusia.
a. Kebutuhan kasih sayang dan penerimaan, Orang mengharapkan dapat diterima baik oleh orang lain sehingga berusaha bertingkah laku sesuai dengan harapan orang lain,
b. Kebutuhan partner yang bersedia mengambil alih kehidupannya, kebutuhan ini mencakup penghargaan yang berlebihan terhadap cinta, dan ketakutan akan kesepian dan diabaikan,
c. Kebutuhan membatasi kehidupan dalam ranah sempit, penderita neorotik sering berusaha untuk tidak menarik perhatian, menjadi orang kedua, puas dengan yang serba sedikit. Mereka merendahkan kemampuan mereka sendiri,
d. Kekuasaan, kebututhan kekuatan, keinginan berkuasa, tidak menghormati orang lain, memuja kekuatan dan melecehkan kelemahan biasanya dikombinasikan dengan kebutuhan prestis dan kepemilikan, yang berujud sebagai kebutuhan mengontrol orang lain dan menolak perasaan lemah atau bodoh.
e. Kebutuhan mengeksploitasi orang lain, neorotik sering mengevaluasi orang lain berdasarkan bagaimana mereka dapat dimanfaatkan atau dieksploitasi pada saat yang sama mereka takut dieksploitasi orang lain.
f. Kebutuhan pengakuan sosial dan prestise, kebutuhan memperoleh penghargaan sebesar-besarnya dari masyarakat, berusaha menjadi nomor satu mejadi terpenting dan menjadi pusat perhatian.
g. Kebututuhan menjadi pribadi yang dikagumi, pengidap narkotik memiliki gambaran diri melambung dan ingin dikagumi atas siapa sesungguhnya mereka,
h. Kebutuhan ambisi dan prestasi pribadi, penderita neurotik ingin menjadi yang terbaik dan memaksa diri untuk semakin berprestasi sebagai akibat dari perasaan tidak aman, harus mengalahkan orang lain untuk menyatakan superioritasnya,
i. Kebutuhan mencukupi diri sendiri dengan independensi, memiliki keinginan yang kuat untuk jauh dari orang lain, membuktikan bahwa mereka bisa hidup tanpa orang lain. 
j. Kebutuhan kesempurnaan dan ketercelaan, melalui perjuangan yang tidak mengenal lelah untuk menjadi sempurna, penderita neurotik membuktikan harga diri dan superioritas pribadinya. Mereka sangat takut membuat kesalahan dan matia-matian menyembunyikan kelemahannya dari orang lain.
3. Konflik Intrapsikis
Proses intrapsikis semula berawal dari pengalaman hubungan antar pribadi, yang sesudah menjadi bagian dari sistem keyakinan, proses intra psikis itu mengembangkan eksistensi dirinya terpisah dari konflik interpersonal. Untuk dapat mahami konflik intrapsikis yang sarat dengan dinamika diri, perlu dipahami empat gambaran diri dari Horney. Sebagai berikut:
a. Diri rendah (depised real self), konsep yang salah tentang kemampuan diri, keberhargaan dan kemenarikan diri, yang didasarkan pada evaluasi orang lain yang dipercayainya, khususnya orang tuannya.
b. Diri nyata(real self), pandangan subjektif bagaimana diri yang sebenarnya mencakup potensi untuk berkembang, kebahagiaan, kekuatan, kemauan, kemampuan khusus, dan keinginan untuk realisasi diri keinginan untuk spontan menyatakan diri yang sebenarnya.
c. Diri ideal (ideal self), pandangan subyektif mengenai diri yang seharusnya, suatu usaha untuk menjadi sempurna dalam bentuk khayalan, sebagai kompensasi perasaan tidak mampu dan tidak dicintai,
d. Diri aktual (actual self), kenyataan obyektif diri seseorang, fisik dan mental apa adanya, tanpa dipengaruhi oleh persepsi orang lain.
4. Diri Ideal (ideal self)
Penderita neorotik membanggakan diri dengan cara yang berbeda-beda. Orang yang komplian memandang diri sebagai orang yang sangat baik dan suci, orang yang agresif mengembangkan diri ideal sebagai orang yang kuat, heroik, maha kuasa, sedang orang yang memisahkan diri menggambarkan diri sebagai orang yang bijak, mencukupi diri, dan mandiri.
Horney mengemukakan ada tiga aspek diri ideal neurotik, yakni:
a. Pencarian Keagungan Neurotik (neurotic search for glory), gambaran orang yang menganggap diri ideal itu nyata, mereka memasukannya secara komprehensif kedalam semua aspek hidupnya, menjadikannya sebagai acuan tujuan, konsep kesempurnaan (need for perfection), mempunyai ambisi yang neurotik (neurotic ambition), dan dorongan untuk menang dalam balas dendam (drive toward a vindivtive triumph).
1. Kebutuhan kesempurnaan, merupakan dorongan untuk menggabungkan keseluruhan kepribadian kedalam diri ideal. Neurotik tidak puas dengan sedikit perubahan, tidak menerima yang belum sempurna. Horney mengatakan tirani kebolehan (tyranny of the sould): Berjuang menuju gambaran kesempurnaan yang khayal, orang neurotik secara tidak sadar mengatakan kepada dirinya sendiri “lupakan bahwa kamu itu nyatanya makhluk yang memalukan, inilah bagaimana kamu yang seharusnya”.
2. Ambisi neurotik, adalah pencarian keagungan diri melui dorongan menjadi superior yang kompulsif. Dorongan ini mungkin memakai bentuk yang berbeda sepanjang hidup manusia. Misal, ketika masih di sekolah, ambisi menjadi siswa terbaik.
3. Dorongan untuk balas dendam, merupakan aspek neurotik yang berbahaya. Keinginan balas dendam ini mungkin disembunyikan sebagai dorongan berprestasi-sukses, tetapi tujuan utamanya adalah membuat orang lain malu, atau mengalahkan mereka melalui kelebihan mereka, umumnya dengan mengunakan penghinaan. Dorongan balas dendam tumbuh dari keinginan anak untuk membalas penghinaan yang nyata maupun yang khayal. Sukses membalas dendam, tidak membuat dorongan balas dendamnya reda, bahkan dorongan itu menanjak setiap kali ada kemenangan.
b. Penuntut yang Neurotik
Tuntutan neurotik ini ada pada orang normal, tetapi kalau keinginan itu tidak terpenuhi, orang normal akan mengalami frustasi dalam batas yang bisa dimengerti. Pada penderita neurotik, kalau tuntutan mereka tidak terpenuhi, mereka menjadi marah, bingung, dan tidak mampu memahami mengapa orang lain tidak memperhatikan tuntutannya.
c. Kebanggaan neurotik
Adalah kebangaan yang semu, bukan didasarkan pada pandangan diri yang realistik, tetapi didasarkan pada gambaran palsu dari diri ideal. Ada perbedaan kualitatif antara kebanggan neurotik dengan kebanggaan yang sehat atau penghargaan diri (self esteem) yang realistik. Penghargaa diri yang asli didasarkan pada ciri-ciri dan pencapaian yang realistik, dan umumnya diekspresikan dengan penuh martabat. Sebaliknya kebanggaan neurotik didasarkan pada gambaran diri ideal dan biasanya diumumkan keras-keras dalam rangka melindungi dan mendukung pandangan kebanggaan kepada diri sendiri.
Orang neurotik memandang dirinya sebagai orang yang mulia, hebat, dan sempurna, sehingga kalau orang lain tidak memperlakukan dia dengan baik maka dia akan sedih. Untuk melindungi dari kesedihan itu, mereka menghindari orang yang menolak mengakui tuntutan neurotiknya, dan mereka berusaha mengikatkan diri dengan institusi yang secara sosial memiliki prestis.
5. Menghina Diri (despise self)
Orang neurotik mencari keagungan tidak pernah puas dengan dirinya sendiri, karena mereka akhirnya menyadari bahwa diri nyata tidak cocok dengan diri ideal yang mereka dambakan. Mereka kemudian mulai membenci dan memandang rendah dirinya sendiri. Horney mengemukakan enem cara orang mengekpresikan kebencian itu:
a. Menuntut kebutuhan kepada diri tanpa ukuran (relentles demands on the self), merupakan contoh pemaksaan dari seharusnya (tyranny of the sould). Orang memunculkan kebutuhan diri yang tidak pernah berhenti. Bahkan ketika mereka mencapai keberhasilan, mereka terus mendorong dirinya sendiri untuk bergerak menuju kesempurnaan.
b. Menyalahkan diri tanpa ampun (merciless self-accusatin), orang neurotik yang terus menerus menyalahkan dirinya sendiri. Kalau saja orang tau, mereka akan menyadari bahwa saya berpura-pura pandai, kompeten dan baik hati. Saya nyata-nyata menipu, tetapi tidak ada yang tahu.
c. Menghina diri (self-contempt), diekspresikan dalam ujud memandang kecil, meremehkan, meragukan, mencemarkan dan menertawakan diri sendiri.
d. Frustasi diri (self-frustration), perbedaan antara disiplin diri yang sehat dengan frustasi diri yang neurotik adalah disiplin atau mendahulukan aktivitas yang menyenangkan dalam rangka mencapai tujuan yang masuk akal sedang frustasi diri melakukannya karena benci diri dan dilakukan untuk aktualisasi gambaran diri yang rendah. Orang neurotik sering membelenggu diri dengan tabu untuk menentang kesenangan . “saya tidak boleh memakai pakaian bagus karena banyak orang diseluruh dunia yang pakaiannya buruk”.
e. Menyiksa diri (self-torment), pada dasarnya semua mekanisme diri rendah mengandung makna menyiksa diri. Banyak orang memperoleh kepuasan masokism dengan mengalami penderitaan akibat suatu keputusan, melukai diri dengan pisau, atau menantang berkelahi dengan orang yang jauh lebih kuat.
f. Tingkah laku dan dorongan merusak diri (self destruktive action and impuls), bisa fisikal atau psikologikal, disadari atau tidak disadari, akut atau kronik, benar-benar dilakukan atau hanya imajinasi. Makan terlalu banyak, pemabuk, pecandu narkotik, pekerja terlalu keras, pengemudi ugal-ugalan, dan bunuh diri merupakan ekspresi merusak diri secara fisik. Secara psikologis misalnya berhenti bekerja ketika karirnya menanjak, memutus persahabatan yang sehat dan memilih pergaulan yang neurotis atau melakukan aktivitas seksual promiskuitas.
b. Mengatasi Konflik
1. Gaya Hubungan Interpersonal
Penyebab utama timbulnya tingkahlaku neurotik menurut horney adalah hubungan interpersonal yang salah, karena itu mengatasi tingkahlaku neurotik, konflik dan kecemasan hanya dapat dilakukan melalui perbaikan hubungan interpersonal yang salah tersebut. Pada orang normal, tingkah laku atau pilihan gaya yang dipakai berubah-ubah dari gaya yang satu kegaya yang lain secara spontan, sedang pada pengidap neurotik pilihan gaya cenderung tetap, tidak berubah, memakai satu gaya secara kompulsif. Ada tiga macam hubungan antar personal yakni:
a. Bergerak mendekat orang lain, sebagai usaha untuk melawan perasaan tidak berdaya. Kecenderungan neurotik mendekat orang lain, melibatkan strategi yang kompleks, karena mencakup keseluruhan fikiran, perasaan, dan tingkah laku. Orang neurotik yang memakai hal semacam itu menganggap dirinya sebagai orang yang mudah dicintai, baik hati, tidak mementingkan diri sendiri, sederhana, dan peka dengan perasaan orang lain. Mereka bersedia menempatkan diri dibawah orang lain.
b. Bergerak melawan orang lain, orang yang agresif memandang orang lain sebagai musuh, dan memakai strategi melawan orang lain untuk meredakan kecemasanya. Seperti orang komplian dia mendekat orang lain, dan memanfaatkan orang lain untuk keuntungan pribadinya. Mereka tidak mau menerima kesalahannya sendiri, secara kompulsif berusaha tampil sempurna, kuat, dan superior.
c. Bergerak menjauh dari orang lain, untuk mengatasi konflik dasar isolasi, orang justru memisahkan diri, memakai kecenderungan neurotik menjauh dari orang lain. Strategi ini adalah ekspresi kebutuhan keleluasaan pribadi (self-sufficincy). Kebutuhan semacam itu dapat menimbulkan tingkah laku yang positif, tetapi juga bisa negatif, neurotik-kalau orang secara kompulsif berusaha memuaskan diri dengan mengambil jarak secara emosial dengan orang lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar